edhy39setia

edhy39setia
"Dunia pasti berputar, maka dari itu lakukanlah hal positif agar duniamu berputar ke arah yang lebih baik"

web widgets

Sunday, January 13, 2013

Kisi-kisi (SKL) Fisika, Kimia, dan Biologi Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2013

Berikut saya sajikan Kisi-kisi (SKL) Fisika, Kimia, dan Biologi Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2013 ( Tahun pelajaran 2012/2013). Semoga bermanfaat.

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA Program IPA (Fisika, Kimia, dan Biologi) Tahun 2013

1. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Memahami prinsip-prinsip mengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan objektif.
*Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan *memperhatikan aturan angka penting.
*Menentukan resultan vektor dengan berbagai cara.

2. Memahami gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah Fluida.
*Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola
*Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
*Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
*Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
*Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
*Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
*Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan momentum.
*Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik atau fluida dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

3.Memahami konsep kalor dan prinsip konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya pada mesin kalor.
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor atau asas Black dalam pemecahan masalah.
Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan proses termodinamika pada mesin kalor.
4. Menganalisis konsep dan prinsip gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada gelombang.
Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi dan difraksi.
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler.
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi pada berbagai kondisi yang berbeda.
5. Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah. Menentukan besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar atau pada rangkaian kapasitor.
Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik.
Menentukan arah dan besar gaya magnetik (gayaLorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan


listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGLinduksi atau prinsip kerja transformator.
Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
6. Memahami konsep dan prinsip kuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan berbagai teori atom.
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan peristiwa efek foto listrik/efek Compton.
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan teori relativitas.
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
Menjelaskan macam-macam zat radioaktif atau pemanfaatannya


2. KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Mendeskripsikan struktur atom, sistim periodik unsur dan ikatan kimia untuk mendeskripsikan struktur molekul, sifat-sifat unsur dan senyawa. Menentukan notasi unsur dan kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan kimia, rumus molekul, bentuk molekul dan sifat senyawa yang dapat dihasilkannya, serta letak unsur dalam tabel periodik.
Mendeskripsikan jenis ikatan kimia atau gaya antarmolekul dan sifat-sifatnya.
2. Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia. Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan dengan hukum dasar kimia.
Menjelaskan persamaan suatu reaksi kimia .
3. Mendeskripsikan sifat-sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya. Mendeskripsikan daya hantar listrik.
Mendeskripsikan konsep pH larutan.
Menjelaskan titrasi asam basa
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga.
Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp.
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan.
Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta penerapannya.
4. Mendeskripsikan senyawa organik dan makro melekul Mendeskripsikan struktur senyawa Benzene dan turunannya, serta kegunaannya.
Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk identifikasi, reaksi dan kegunaannya.
Mendeskripsikan makromolekul (Karbohidrat, Protein, Polimer) dan kegunaannya
5. Mendeskripsikan perubahan energi, cara pengukuran dan penerapannya. Menseskripsikan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
Menentukan kalor reaksi.
6. Mendeskripsikan kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang memengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri. Menentukan laju reaksi.
Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat memengaruhi kinetika suatu reaksi dan kesetimbangannya
Menentukan Kc/Kp.
7. Mendeskripsikan reaksi oksidasi- reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Mendeskripsikan reaksi reduksi dan reaksi oksidasi.
Mendeskripsikan diagram sel.
Mengaplikasikan hukum faraday.
Mendeskripsikan fenomena korosi dan pencegahannya
8. Mendeskripsikan unsur-unsur penting, terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaannya. Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di alam termasuk unsur radioaktif.
Mendeskripsikan cara memperoleh unsur-unsur penting dan kegunaannya.


3. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah. Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
2. Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria danEubacteria bagi kehidupan manusia.
Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga).
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata.
3. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem. Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.
Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
4. Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan. Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel.
Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.
Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan.
5. Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut. Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya.
Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya.
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya.
Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya.
Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.
Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin.
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
6. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhandan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan. Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
7. Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis. Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.
Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.
Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.
Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis)pada tumbuhan.
Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.
8. Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip hereditas dan peristiwa mutasi. Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
Menjelaskan proses sintesis protein.
Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukumMendel.
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
Menjelaskan peristiwa mutasi.
9. Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains. Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi.
10. Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/ modern.
Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.


——————-

sumber: BSNP

Saturday, January 12, 2013

Kisi-kisi Soal Matematika UN SMA 2013 - Program IPA

Pelajaran Matematika ini merupakan salah satu bidang studi yang diujikan dalam ujian nasional tingkat SMA / MA untuk tahun 2013. Jumlah soal yang disajikan sekitar 40 soal yang terdiri dari soal pilihan berganda dengan 5 (lima) option ; A, B, C, D, dan E. Berikut ini kami sampaikan materi soal UN SMA / MA 2013 untuk jurusan IPA yang mengacu pada Kisi-kisi Soal UN SMA 2013 yang diberikan BSNP Indonesia.
Materi yang harus dikuasai siswa / siswi berdasarkan kisi-kisi diantaranya :
Logika matematika
Menentukan penarikan kesimpulan dari beberapa premis.
Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
Aturan pangkat, akar, dan logaritma.
Rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
Persamaan atau fungsi kuadrat dengan menggunakan diskriminan.
Sistem persamaan linear.
Persamaan lingkaran atau garis singgung lingkaran.
Teorema sisa atau teorema faktor.
Komposisi dua fungsi atau fungsi invers.
Program linear.
Operasi matriks.
Operasi aljabar beberapa vektor dengan syarat tertentu.
Pertidaksamaan eksponen atau logaritma.
Deret aritmetika.
Deret geometri.
Persamaan trigonometri.
Konsep limit, turunan dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
Integral.
Kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi, peluang kejadian dan mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah

Dengan berlandaskan kisi-kisi materi / SKL UN tersebut sebaiknya para guru di sekolah selalu berpedoman pada materi tersebut dalam memberikan pengajarannya supaya lebih terfokus sehingga para siswa dapat menggapai keberhasilan dalam ujian nasional.

Tuesday, July 24, 2012

induksi elektromagnetik


=INDUKSI ELEKTROMAGNETIK=

edi susanto


Induksi elektromagnetik pertama kali dipelajari dan ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831. Induksi elektromagnetik atau imbas listrik merupakan pembangkitan energi listrik dari medan magnet.

Induksi elektromagnetik terjadi pada suatu kumparan jika ada perubahan jumlah garis gaya magnet yang dilingkupi setiap saat.

GALVANOMETER adalah alat untuk menyelidiki besar dan arah arus induksi pada suatu rangkaian.

Kita dapat membangkitkan GGL induksi dengan cara berikut.

1. Menggerakkan magnet keluar masuk kumparan
2. Memutar magnet di dekat kumparan
3. Memutar kumparan dalam magnet
4. Memutus-mutus arus listrik yang melalui kumparan.

Jika jumlah garis gaya yang dilingkupi kumparan bertambah, jarum galvanometer menyimpang ke kanan.
Jika jumlah garis gaya yang dilingkupi kumparan berkurang, jarum galvanometer menyimpang ke kiri.

Penyimpangan jarum galvanometer ke kanan dan ke kiri tersebut menunjukkan bahwa GGL induksi yang dihasilkan kumparan berupa tegangan bolak-balik/AC (alternating current).

Jika GGL induksi lebih besar, kuat arus induksi yang timbul juga lebih besar.

Menurut Faraday, besar GGL induksi pada kedua ujung kumparan sebanding dengan laju perubahan fluks magnetik yang dilingkupi kumparan.

Artinya, semakin cepat terjadinya perubahan fluks magnetik, makin besar GGL induksi yang timbul.

Adapun yang dimaksud FLUKS adalah banyaknya garis gaya magnet yang menembus suatu bidang.

Ada berapa faktor yang menentukan besar GGL induksi yang diketahui dari besar penyimpangan jarum galvanometer.

Jika kamu melakukan percobaan ini secara teliti dengan mengubah-ubah jumlah lilitan, kecepatan gerak magnet, dan kekuatan magnet yang digunakan, kamu akan dapat menyimpulkan bahwa besar GGL induksi bergantung pada tiga faktor, yaitu:

1. Jumlah lilitan pada kumparan
2. Kecepatan gerak magnet keluar-masuk kumparan
3. Kekuatan magnet batang yang digunakan.

Induksi elektromagnetik saat ini sudah banyak dimanfaatkan untuk keperluan hidup sehari-hari. Orang pertama yang menyelidiki dan menemukan hal tersebut adalah MICHAEL FARADAY.


1. GENERATOR
Generator (dinamo) merupakan alat yang prinsip kerjanya berdasarkan induksi elektromagnetik. Alat ini pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday.
Generator adalah mesin yang mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Energi kinetik pada generator dapat juga diperoleh dari angin atau air terjun. Berdasarkan arus yang dihasilkan, generator dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gerator AC (alternating current) dan generator DC (direct current). Generator AC menghasilkan arus bolak-balik dan generator DC menghasilkan arus searah. Baik arus bolak-balik maupun searah dapat digunakan untuk penerangan dan alat-alat pemanas.
a. GENERATOR AC
Bagian utama generator AC terdiri atas magnet permanen (tetap), kumparan (solenoida), cincin geser, dan sikat. Pada generator, perubahan garis gaya magnet diperoleh dengan cara memutar kumparan di dalam medan magnet permanen. Karena dihubungkan dengan cincin geser, perputaran kumparan menimbulkan GGL induksi AC. Oleh karena itu, arus induksi yang ditimbulkan berupa arus AC.
GGL induksi yang ditimbulkan oleh generator AC dapat diperbesar dengan cara:
¤ memperbanyak lilitan kumparan,
¤ menggunakan magnet yang lebih kuat,
¤ mempercepat perputaran kumparan, dan
¤ menyisipkan inti besi lunak ke dalam kumparan.
b. GENERATOR DC
Prinsip kerja generator (dinamo) DC sama dengan generator AC. Namun pada generator DC arah arus induksinya tidak berubah. Hal ini karena cincin yang digunakan pada generator DC berupa cincin belah (komutator).

induksi elektromagnetik

Percobaan Faraday



Percobaan Faraday


Melalui berbagai percobaan, Michael Faraday (1791-1867), seorang ilmuwan jenius dari inggris akhirnya berhasil membuktikan bahwa arus listrik memang dapat dihasilkan dari perubahan medan magnetik .

Peristiwa dihasilkannya arus listrik akibat adanya perubahan medan magnetik dinamakan induksi elektromagnetik, sedangkan arus yang dihasilkan dari induksi elektromagnetik dinamakan arus induksi. Penemuan ini dikenal dengan “Hukum Faraday”. Penemuan ini dianggap sebagai penemuan monumental. Mengapa?… Pertama, “Hukum Faraday” memiliki arti penting dalam hubungan dengan pengertian teoretis tentang elektromagnetik. Kedua, elektromagnetik dapat dipergunakan sebagai penggerak secara terus-menerus arus aliran listrik seperti yang digunakan oleh Faraday dalam pembuatan dinamo listrik pertama .


Kesimpulan Percobaan Faraday
Ketika magnet digerakkan ( keluar- masuk ) dalam kumparan, jarum pada galvanometer akan menyimpang.
Ketika magnet tidak digerakkan (berhenti) dalam kumparan, jarum pada galvanometer tidak menyimpang (menunjukkan angka nol).
Penyimpangan jarum galvanometer ini menunjukkan bahwa di dalam kumparan mengalir arus listrik. Arus listrik seperti ini disebut arus induksi.
Arus listrik timbul karena adanya perubahan jumlah garis gaya magnet, yang mengakibatkan pada ujung-ujung kumparan timbul beda potensial. Beda potensial ini disebut gaya gerak listrik induksi (ggl induksi).

Hukum Faraday
Jika sebuah penghantar memotong garis-garis gaya dari suatu medan magnetik (flux) yang konstan, maka pada penghantar tersebut akan timbul tegangan induksi.
Perubahan flux medan magnetik didalam suatu rangkaian bahan penghantar, akan menimbulkan tegangan induksi pada rangkaian tersebut.

Persamaan Ggl induksi (εind) yang memenuhi hukum Faraday adalah sebagai berikut:

Apa arti tanda negatif itu ?

Tanda negatif berati sesuai dengan Hukum Lenz , yaitu “Ggl Induksi selalu membangkitkan arus yang medan magnetiknya berlawanan dengan sumber perubahan fluks magnetik”.


Percobaan Hukum Lenz




Fluks Magnetik (Φ)

Fluks Magnetik (Φ) adalah kerapatan garis-garis gaya dalam medan magnet, artinya fluks magnetik yang berada pada permukaan yang lebih luas kerapatannya rendah dan kuat medan magnetik lebih lemah, sedangkan pada permukaan yang lebih sempit kerapatan fluks magnet akan kuat dan kuat medan magnetik lebih tinggi.

Satuan internasional dari besaran fluks magnetik diukur dalam Weber, disingkat Wb dan didefinisikan dengan:

”Suatu medan magnet serba sama mempunyai fluks magnetik sebesar 1 weber bila sebatang penghantar memotong garis-garis gaya magnetik selama satu detik akan menimbulkan gaya gerak listrik (ggl) sebesar satu volt”

Tuesday, May 29, 2012

jangan tinggalkan aku


Aku di sini slalu berharap..
Berharap biduk di sana slalu berlabuh..
Di tepian pantai hatiku yang bening..
Disinari sang surya yang memerah...
Dengan ombaknya sayup-sayup bertiarap..

Sebagaimana dedaunan pergi bersama aliran..
Kuharap hatimu tak berlari dari peraduan..
Karna siapa lagi hartaku yang berharga..
Selain engkau sang kencana di dalam jiwa..
Yang mewarnai dan mengisi hati yang kosong.

Sayang dan rasa adalah milikku seorang...
Kupersembahkan semuanya bagimu saja..
Selayaknya sang ratu, istanaku adalah istanamu.
Kaulah menemani siang dan malam hidupku...
Dan tiada arti dunia jiwa hadirmupun tiada...

Seharapnya padamu seorang kekasih..
Janganlah tinggalkan aku di sini, sayang...
Kubutuh belaian dan kasih sayang darimu...
Karna tabuh genderang cinta bergelora bagimu..
Dan bila kau pergi, meranalah hati ini..

Saturday, May 12, 2012

EDHY'S SPOOF STORY

SPOOF 1

Allison's Alligator

Alex alligator arrived at Allison Arthur's apple farm in April, when the apple trees were covered with blossoms.

"Whatever am I to do with an alligator?" Allison asked.

Inside the box, Alex yawned. Alex stuck his legs through the holes at the bottom of the box and ambled into the house in search of dinner.

"Oh no you don't!" cried Allison. "You cannot live in the house. You are to stay in the stream behind the apple orchard."

Allison put Alex in the small stream. Then Allison put a strong fence around the stream so Alex did not try to eat Mrs. Chory's chickens.

Alex liked the stream and his pen. He especially liked the steaks Allison gave him every morning and evening.

One day in August a red apple fell off a tree and rolled under the fence and into Alex's pen. Alex sniffed it a bit and then took a bite.

It was the most delicious thing Alex had ever eaten. Alex slipped under the fence and ambled into the apple orchard. Alex found a line of baskets sitting under a tree. Alex ate all the apples in the baskets. Then he wandered under another tree and ate all the apples in the baskets he found there. He was very happy. And very full. He went back into his cage.

Allison came by later with his steak. Alex sniffed at it, but he was not very hungry.

"Do you know what someone did Alex?" asked Allison. Alex yawned. "Someone stole all my apples. They knocked over the baskets and stole the apples. If it happens again, I'm calling the police."

That night, Alex had a very pleasant dream about apples. After his steak the next morning, Alex slipped under the fence and out into the orchard. There were a bunch of people climbing up and down ladders with baskets. Alex watched for a few moments. Then he realized that when the people came down the ladders, their baskets were full of apples.

Alex wandered over to the closest ladder. A small girl descended with a basket full of apples. Alex grinned at her. The little girl screamed and dropped the basket. She ran away, yelling for her mother. Alex stuck his head in the basket and began eating apples. He heard voices coming towards him.

"Now April, you know what I've said about fibbing. There are no alligators in this orchard." said April's mother. Alex pulled his head out of the basket and grinned at April's mother.

"Ahhhh!" she screamed. April and her mother ran away as fast as they could.

Alex walked over to another tree. A man was climbing down the ladder. He stepped on Alex's back. Alex grunted and tried to walk away. The man looked down at Alex and yelped. The man dropped his basket and ran toward the house. Alex ate all the apples in his basket.

Just then, Allison came running into the orchard.

"Alex!" she yelled. Alex took one look at Allison and bolted back into his pen. Allison followed him.

"So you're the one who ate all my apples." she said. "I'd better fix your cage."

Once Alex's cage was fixed, he could no longer go into the apple orchard. Alex stared longingly at the trees full of apples.

At dinner time, Allison brought Alex a steak as usual.

"You are a bad boy, Ales," she said. "But I can't blame you for liking apples. I brought you a surprise."

Allison went outside the cage, and picked up a basket. It was full of apples! Alex ate all the apples before he ate his steak.

Allison laughed. "I'll bring you apples every night Alex," she said. That is exactly what Allison did.




SPOOF 2
YOU CAN'T GET OUT

One dark, windy night, the town drunk was meandering his way home after the bar closed. Somehow he got turned around and ended up walking through the churchyard instead of taking the road home.

The wind picked up and he thought he could hear a voice calling his name. Suddenly, the ground opened up in front of him, and he fell down, down into an open grave! He could hear the voice clearer now, calling to him. He knew it was the devil, coming for him just like the preacher said, on account of him being the town drunk.

The hole was very deep and inside it was pitch black. His eyes adjusted to the darkness after a few moments, and he made out a form sitting in the darkness with him. It called his name, and he scrambled away in fear, trying to climb out of that terrible grave. Then the figure spoke. "You can't get out," it said.

The drunk gave a shout of pure terror and leapt straight up more than six feet. He caught the edge of the hole in his hands, scrambled out, and ran for home as fast as he could go.

Inside the open grave, his neighbor Charlie sighed in resignation. He'd fallen into the hole a few minutes before his friend and had thought that together they might help each other climb out. Now he was going to have to wait until morning and get the mortician to bring him a ladder.



EDI SUSANTO XI IPA-2 SMAN 1 LAPPARIAJA